Kick Andy _ Profesi yang Mulai Langka

Kick Andy _ Profesi yang Mulai Langka

Orang luar negeri berusaha belajar kesenian di Indonesia. Sementara kita, apakah kita menghargai kesenian bangsa kita sendiri? . Berikut adalah profesi-profesi yang bisa dijadikan inspirasi untuk menghargai budaya Indonesia.
Sukarna dan Krisna adalah orang yang berjuang untuk mempertahankan budaya Indonesia yaitu melalui profesi membuat Gong. Sukarna menjelaskan tentang profesi membuat gong, mereka sudah mengabdikan diri sebagai profesi membuat gong selama 230 tahun dan Sukarna adalah generasi ke-6.
Gambar 1 : Kick Andy _ Profesi yang Mulai Langka
Gong factrory, merupakan pabrik tempat Sukarna membuat gong. Tidak hanya menajemen pabrik, Sukarna juga bisa membuat gong sendiri. Tidak hanya membuat gong, Pabrik factory juga memproduksi bonang, gamelan dan alat-alat lainnya.
Gong terbuat dari perunggu, jelas Sukarna. Dan pesanan membuat gong tidak hanya di satu daerah tapi dari berbagai daerah. Membuat gong butuh waktu kira-kira 3 hari untuk gong ukuran 80 cm dengan harga 10 juta.

Yohanes Yantono, seorang yang mengabdikan dirinya sebagai pengrajin keris dan itu sudah menjadi mata pencahariannya. Pekerjaan membuat keris memang jarang diminati orang lain tapi Yohanes tetap mengabdikan dirinya sebagai pengrajin keris. Selain itu, dia juga mengajari orang asing untuk membuat keris. Keris buatannya antara lain keris Penji Penganten, keris Bali, Keris Jawa, dan lain-lain.
Previous
Next Post »